Nikmatnya Selalu Bersyukur



Hai, Semua selamat untuk kalian dimana pun. Selamat berakhir pekan, selamat bahagia, atau selamat yang membawa kita menuju rasa bersyukur yang mendalam. 

Kali ini saya ingin mengulik tentang  “ Nikmatnya selalu bersyukur “ atas apa yang sedang dilalui. Jikalau ditanya perihal pengalaman apa yang telah saya dapatkan tidak akan sebanding dengan kawan – kawan yang jauh lebih luar biasa hebat pengalaman yang telah kalian dapatkan. Benarkan ? ( silakan dijawab sendiri )
Bagi saya tentang bersyukur merupakan wujud nyata dari setiap hal yang telah dilalui dalam hidup ini. Setiap orang tentu memiliki kisah yang berbeda – beda walau kadang memiliki kemiripan dalam segi hal yang dialami namun tetap saja itu akan membekas dalam ingatan apalagi sampai pada tahap menguras emosi. Berbicara kisah hidup yang penuh dengan teka teki yang mungkin saja tidak bersilang akan membawa dampak tersendiri bagi orang – orang yang menghadapinya. Bisa saja tentang kisah yang baik maupun kurang baik bahkan membuat diri berlarut – larut dalam duka. Tapi kawan – kawan tentunya sudah mengetahui kalau berduka itu tidak boleh lama – lama apalagi sampai membawa diri ke arah yang akan membahayakan. 

Kisah hidup atau polemik kehidupan boleh saja membuat dirimu terpuruk namun kita tetap harus bangkit dari keterpurukan itu sendiri. Memangnya kita mau kalah dari masalah – masalah yang akan mengancam masa depan kita ? ( Masa depan euy, ha-ha ). Tentunya, tidak! 

Seharusnya kita semua menyadari bahwa setiap apapun masalah kehidupan yang kita hadapi memiliki solusi tersendiri meskipun pada akhirnya dihadapkan dengan berbagai pilihan – pilihan yang cukup sulit untuk diprioritaskan. Tapi, saya menyakinin bahwa setiap kisah hidup ini tentu tidak semata – mata hanya untuk menguji keimanan atau kesabaran diri. Logika tentang kesadaran tampaknya harus menjadi fokus utama dalam menghadapi masalah hidup apapun karena baik buruknya kisah ini pasti terdapat hikmah kebaikan yang dapat kita selami untuk menata kedepannya lebih baik. 

Maka dari itu, kata bersyukur menjadi topik kali ini. Kita semua memahami bahwa rasa syukur lah yang akan membawa dampak positif bagi diri sehingga dapat meminimalisir hal – hal negatif yang sekejap saja dapat menguasai jalan nalar pikiran. Ketika kita mampu membawa diri untuk lebih bersyukur nyatanya tidak hanya akan menenangkan hati namun dari itu, seperti kita akan menyadari bahwa setiap masalah hidup yang ada akan mendewasakan pola pikir. Selain itu, kita mampu bersikap lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan agar masalah tersebut dapat diatasi.


Gambar dari Google ( Dunia Jilbab )

Bersyukurlah kawan – kawan atas apa yang kita terima hari ini meski belum mampu membuat keadaan kita lebih baik paling tidak kita telah mampu tersadarkan akan rahmat yang Tuhan berikan dalam hidup ini. Sebagaimana kita sering mendengar bahwa “ laa yukallifullohu nafsa illa wus’ahaa : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya ( Surah Al Baqarah : 286 ).

Dari ayat tersebut telah jelas tidak akan ada seorangpun yang berikan masalah hidup yang tidak sesuai kesanggupan diri. So, bagi kawan – kawan yang hari ini sedang mengalami kesulitan, masalah hidup yang berat, atau tentang perasaan yang tidak terbalakan , eh. Bersyukurlah bahwa saat ini kita diberikan kesempatan untuk merenungi setiap kejadian yang telah terlewati. Siapa tau dengan masalah hidup tersebut lalu kita bersyukur dengan hal kita alami sekarang nantinya bakal dapat hadiah yang belum dialamatkan pada kita saat ini. Bisa jadi hadiah tersebut datangnya di waktu benar – benar kita butuhkan bukan sekadar keinginan kalap sesaat. 

Lagian bersyukur juga dalam membuat kita lebih bahagia kawan – kawan bahkan bisa menoreh senyuman manis yang selama ini redup. Nyatanya bersyukur pun menjadi diri lebih rasional dan meningkatkan nilai kemanusiaan, jika kita sadari bahwa banyak orang – orang ingin berada diposisi kita saat ini hanya saja kita belum menyadari hal tersebut karena minimnya rasa bersyukur dalam diri.

Mulai lah bersyukur setiap apapun yang kamu hadapi saat ini asalkan kejadian itu tidak merugikan orang lain ya :)
 
Bersyukurlah masih diberikan akal sehat
Bersyukurlah masih dapat melihat senyum si dia , Eh ha - ha
Bersyukurlah masih diberi kesempatan untuk tetap sadar bahwa hidup bukan hanya tentang meratapi nasib yang dapat berubah – ubah sesuai usaha yang dilakukan.

Baiklah. Mari kita lanjutkan aktivitas lainnya kawan – kawan. Terimakasih telah membaca tulisan ini. Bermanfaat ? Semoga. 

Dah Dah :D 



Comments

Popular Posts