Aku takut tidak bisa: Memahami kelemahan diri sendiri


Sebenarnya potensi diriku ini apa, ya ? 

Siapa yang pernah mengalami di posisi ketika melihat diri sendiri tidak mempunyai suatu keahlian apapun. Kemudian mulai membandingkan diri dengan orang – orang di sekitar yang memiliki bakat atau kemampuan yang tidak hanya satu bidang, mungkin bisa lebih dari dua. Atau mulai berpikir bahwa “ Aku ini ya, biasa – biasa saja “. 

Tidak salah jika berpikiran demikian. Hanya saja, apakah dengan hanya punya pemikiran tersebut mampu membawamu menemukan potensi dalam diri ? mungkin saja jawabannya bisa ‘ ya ‘ atau ‘ tidak ‘.

Siapapun itu, tentu mempunyai keahlian dalam sebuah bidang tertentu. Hanya saja, seringkali lebih memilih memikirkan daripada berusaha menemukan jalan untuk menuju keluar dari keterbatasan berpikir. Kebiasaan berada di zona nyaman membuat pribadi menjadi seseorang yang biasa - biasa, mengikuti arus, dan sebagainya. Sebenarnya tidak masalah, semua kembali kepada pilihan masing – masing. Mampu bertahan di posisi itu terus - menerus atau ingin keluar ke arah yang jauh berbeda dari kebiasaannya, dengan nama kecenya “ Think outside the box “. Jika, telah berpikir seperti itu, seseorang akan mulai bergerak menggali setiap kemungkinan yang dapat terjadi dalam diri, ya salah satunya menemukan sebuah potensi diri yang terpendam dan bahkan bisa melampaui batas dari yang sebelumnya. 

Setelah menemukannya, maka jalan – jalan baru akan terkuak mulai dari menyusun langkah – langkah awal hingga susunan jadwal yang akan mendekatkan diri pada wujud keseriusan dalam mengembangkan potensi diri. 

Maka, apakah saat mengetahui potensi tersebut akan langsung menjadi seseorang yang sukses di bidangnya ? Tentu tidak. Karena, kau akan gagal terlebih dahulu agar mengetahui kerja keras dari mendapatkan sebuah hasil. Mungkin, akan tetap ada keberhasilan yang didapatkan oleh orang lain dengan sekali mencoba bahkan dengan hanya alasan “ Iseng – Iseng berhadiah “. Namun, tentu saja sensasinya akan sangat berbeda dalam segi mental dari setiap proses yang dilalui oleh orang yang gagal terlebih dahulu hingga puluhan kali dengan orang berhasil dalam sekali aksi. 

Mental. Ketangguhan. Kemandirian. Dan segala macam jenis kata kerja untuk mengejawatahkan sebuah makna dari kata “ Tidak Bisa “ menjadi “ Aku Pasti Bisa “. 

Mengubah pola pikir ketakutan menjadi sumber kekuatan untuk melangkah lebih maju dari hari sebelumnya menuju hari esok. 

Menganggap kelemahan diri sebagai anugerah. Menjadikan Kelebihan diri adalah ujian. Menentukan langkah esok ialah tanggungjawab diri sendiri. Apapun potensi dirimu meskipun orang lain melihatnya hal kecil. Tetaplah bersyukur, Toh keberhasilan seseorang tidak akan jauh dari hal – hal sederhana dan terlihat remeh. 


Fokuslah dengan kemampuanmu itu selama hal tersebut mampu menjadikanmu orang yang bermanfaat bagi dirimu dan orang – orang di sekitarmu. 

Mengutip dari ucapan seseorang “ Jangan buat dirimu hanya nafsu semata. Hidup ini tentang bagaiman dirimu bisa berbuat kebaikan. Apakah itu sudah dilakukan atau tidak?. Memang benar pada masa sekarang seseorang dituntun harus mempunyai keahlian diberbagai bidang. Namun, jangan juga paksakan dirimu. Bersyukurlah dan sederhananya, nikmati setiap proses. “ 

Sudahkah bersyukur hari ini ? 

Jadilah dirimu sendiri, bukan menjadi orang lain agar terlihat bersinar.


Comments

Popular Posts